Monday 25 July 2011

cara mengatasi badan lesu


Terkadang tubuh anda (termasuk saya juga) mengalami kelelahan, lemah, padahal kita tidak sakit dan tidak sedang melakukan aktivitas yang berat atau melelahkan. Dibawah ini terdapat beberapa cara mengatasi tubuh yang lemas atau tidak segar.

Awali semua aktivitas dari pagi hari setelah bangun tidur, setelah itu biasakan dengan segelas air putih atau sesanggupnya. Mengapa saya katakan sesanggupnya? ada pro kontra mengenai asupan air putih di pagi hari, ada yang mengatakan sebaiknya 1 gelas, ada yang 2 gelas, ada juga yang gak boleh kebanyakan, dan yang terbaik menurut saya, sesanggupnya yang mau meminumnya. Karena kenyataannya tidak semua orang sanggup walaupun hanya 1 gelas.

Kemudian usahakan keluar rumah untuk menghirup udara segar pagi hari sebelum matahari terbit. katanya sih pada saat itu oksigen masih lebih banyak dibanding pada saat matahari sudah terbit dan polusi udara juga masih sangat minimal. Cukup 5 sampai 10 menit saja dan kalau bisa dengan jalan kaki cepat atau yang gampangnya mondar mandir ajalah di depan rumah sambil stretching stretching dikit kayak kucing bangun tidur. Konon katanya kucing atau para binatang tuh sehat dan berotot karena sering stretching alias mulet gitu. Boleh di coba sekarang dech, kedua telapak tangan di kaitkan, tariksekuat-kuatnya ke atas sambil di goyang ke kanan dan kekiri, sampai terasa ketarik,sampai hitungan ke-5, lepasin dech. Nah..lebih enak gak badannya?? otot-otot lebih rileks dan lebih segar. Boleh cara ini dilakukan kapan saja, sambil duduk, berdiri atau tiduran.

Setelah selesai jalan-jalan, boleh minum lagi air putih atau sangat baik bila di beri sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis plus sedikit madu. pasti ada nih yang langsung komentar, wah..pagi-pagi kok disuruh minum perasan jeruk nipis, maag ku bagaimana nih, gak kuat dong, ntar maag ku jadi perih. Jangan khawatir saya punya penjelasannya kok, mudah mudahan bisa diterima. Sebenarnya jeruk lemon atau jeruk nipis hanya rasanya saja di lidah yang asam, tetapi sifat dasar nya sendiri adalah basa, yang sangat aman untuk lambung. Tetapi walaupun begitu, saya tidak bisa memaksa semua orang mengikuti saran saya, karena tiap orang punya karakter tubuh yang berbeda untuk bisa menerima beberapa jenis makanan. Kalau memang di coba tetapi merasakan hal kurang menyenangkan di lambung, silahkan hentikan, cukup minum airputih saja. Kecuali buah yang kita kenal dengan Guava, buah ini yang bisa membuat maag kita jadi kambuh terkadang bisa membuat lambung kita perih kalau kita makan terlalu banyak tanpa di selingi dengan makanan pokok misalnya, karena Guava ini mengandung zat asam yang tinggi.Apa sih gunanya perasan jeruk lemon atau jeruk nipis itu ? Jeruk nipis atau lemon itu bersifat basa, sehingga dapat membantu menyeimbangkan pH di dalam sistem tubuh. Sehingga bukan saja menyegarkan tapi akan membersihkan indra perasa dan mengaktifkan liver atau hati, karena liver merupakan organ pembuang racun yang paling berperan. Dengan kata lain mengkonsumsi jeruk nipis atau jeruk lemon di pagi hari sangat membantu untuk proses detoksifikasi atau membuang racun. Fungsi yang lain adalah dapat mencegah penumpukan cholesterol dan lemak dalam darah.

Nah setelah itu intinya harus sarapan pagi. Sarapan bergizi di pagi hari bukan makanan lengkap nasi plus lauk pauk loh. Jangan salah tafsir ya. Berhubung ilmu mengatakan bahwa kita sebaiknya makan menyesuaikan dengan jam biologi tubuh, maka kita harus tau betul kapan makanan di serap, dicerna dan dibuang. Setuju ya? Ternyata kenapa kita selalu merasa pengen buang air besar di pagi hari, karena jam biologis manusia mengatakan hai manusia, jam 4 pagi sampai jam 12 siang siapkan tubuhmu untuk membuang racun-racun dari tubuh mu ya..makanya pagi hari kita gak boleh makan makanan yang berat, kayak nasi lengkap. Tapi usahakan memakan makanan tanpa diolah atau mentah seperti buah-buahan.

Kenapa makanan mentah atau buah-buahan ? karena makanan mentah memiliki enzim sendiri untuk proses mencernanya dan tidak memerlukan enzim metabolisme untuk mencernanya. Dan ternyata enzim metabolisme untuk mencerna ini sangat penting untuk membangun kembali sel-sel tubuh, makanya harus di sayang-sayang, kalau dipergunakan terus menerus non stop, nanti tubuh kita bisa kekurangan enzim ini dan pencernaan kita pasti akan terganggu. Nah, kalau belum terbiasa dengan sarapan makanan mentah seperti sayuran atau buah-buahan di pagi hari, boleh digantikan dengan makanan yang mudah dicerna seperti sereal, biskuit, atau roti. Lalu jam 12 siang sampai jam 8 malam, inilah waktunya yangbtepat untuk makan berat.

Sebaiknya makanan sumber protein hewani tidak boleh dimakan bersamaan dengan makanan sumber karbohidrat. Begitu juga dengan buah kering dan biji-bijian tidak boleh dimakan bersamaan dengan sumber protein hewani ataupun dengan sumber karbohidrat. Intinya protein hewani, biji-bijian dan buah kering hanya boleh dimakan bersamaan dengan sayuran mentah. Dan sebaiknya buah tidak dimakan bersamaan dengan makanan lain. Karena kandungan zat gizi pada buah akan lebih cepat diserap jika dikonsumsi sendiri. Rumusan lain yang dapat diterapkan dan sangat baik untuk program diet adalah karbohidrat dengan sayur dan protein dengan sayur. Contohnya nih, makan nasi lauknya sayur aja, kayak tumis-tumisan atau sayur bening. Kalau pengen makan ayam, daging atau ikan, sebaiknya dengan salad atau lalapan saja. Tapi daging dan ikan termasuk dalam kelompok makanan pembentuk asam dalam darah, sehingga sebaiknya dimakan paling banyak 20% saja dan 80% sebaiknya memakan makanan pembentuk basa yaitu buah-buahan dan sayuran.Jadi mulai sekarang adict lah dengan sabu-sabu ya?Sabu-sabu(sayur buah-sayur buah).

Boleh ngemil, tapi kembali lagi sabu-sabu nya. Sayurannya boleh dikukus seperti wortel kukus, jagung rebus, jagung muda kukus, labu kukus.

Sekarang udah malam, waktunya tubuh menyerap makanan tuh jam 8 malam sampai jam 4 pagi. Karena pada saat ini waktunya tubuh menyerap makanan, hentikan semua makanan berat, terutama nasi beserta lauk pauknya. Sebaiknya diperhatikan, waktunya makan malam adalah 4 jam sebelum kita beranjak tidur normal. Kenapa saya katakan tidur normal ? karena banyak sekali orang-orang yang pola tidurnya berantakan, mungkin karena pekerjaan atau karena rajin dugem atau bermasalah dengan pola tidur atau insomnia. Rata-rata orang dewasa atau anak-anak tidur pada jam 9 atau jam 10 malam. Jadi kira-kira makan malam sudah dimulai pada jam 5 atau jam 6 sore. Pada kenyataannya walaupun udah makan berat pada jam itu, rata-rata pada masih hungry(lapar)

Related Posts

cara mengatasi badan lesu
4/ 5
Oleh